Selasa, Oktober 05, 2010

Koperasi Indonesia

Mungkin jika saya menjadi presiden pada tahun 2054 di Indonesia saya akan memajukan beberapa sektor ekonomi yang krusial di Indonesia. Beberapa sektor tersebut adalah ekspor-impor,penyediaan modal UKM,pasar tradisional dan koperasi.

Yang menjadi point penting saya disini adalah sektor koperasi,karena menurut saya sektor ini membutuhkan perhatian lebih dari pemerintahan kita. Semakin lama daya saing koperasi indonesia kian melemah terlebih dengan persaingannya dengan bank swasta. Bila kita lihat dari kemudahan dan keuntungan dari setiap transaksi jelas bank swasta lebih baik dibandingkan dengan koperasi. Perbankan swasta jauh lebih mudah dan dengan bunga yang rendah untuk peminjaman modal, jadi dalam segi kreditur segalanya lebih menguntungkan. Untuk jumlah besarnya pinjaman yang dikeluarkan perbankan swasta lebih besar jumlahnya dibandingkan koperasi.

Namun bila anda mengetahui lebih dalam untuk sistem kerja koperasi di Indonesia jauh lebih mendidik dibandingkan dengan perbankan swasta, misalnya simpanan pokok,simpanan pokok ini membuat para anggota koperasi untuk lebih rajin menabung di koperasi dan semua simpanan pokok tersebut akan digunaakn bagi anggota koperasi lainnya yang membutuhkan modal, jadi disini mencerminkan bahwa adanya kegiatan saling membantu antar anggota koperasi ini. Lalu sistem pembagian sisa hasil usaha yang adil dan merata yang bisa dibilang jauh dari sifat riba yang hukumnya haram bagi umat muslim.

Jadi langkah paling awal dari saya pribadi sebagai presiden adalah menimbulklan kesadaran bagi masyarakat kita untuk menghidupkan koperasi, karena menurut saya koperasi bukanlah organisasi yang dapat mengembangkan dirinya tanpa dukungan anggotanya. Lalu langkah selanjutnya adalah perbaikan sistem koperasi yang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan tekhnologi yang terus berkembang hingga saat ini. Misalnya akses rekening menggunakan handphone (mobile transaction) yang akan lebih memudahkan anggotanya untuk melakukan transaksi. Sehingga bila perkembangan koperasi ini selaras dengan perkembangan tekhnologi modern jadi lebih mudah untuk diterima masyarakat Indonesia.

Lalu perbaikan produksi atau hasil dari koperasi yang senantiasa di fokuskan untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia,kemudian koperasi juga akan di lindungi dengan undang undang yang kuat dan akan di awasi perkembangannya tiap tahun dan tiap tahunnya koperasi Indonesia akan diadakan evaluasi dari setiap kegiatan yang telah di lakukan.

Selanjutnya langkah yang terakhir adalah penyediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang segala kegiatan koperasi Indonesia. Mungkin masih banyak lagi langkah untun memajukan koperasi Indonesia agar koperasi Indonesia dapat berkembang. Jadi sebenarnya langkah yang dibutuhkan untuk memajukan koperasi Indonesia adalah kesadaran bagi masyarakat untuk bersama sama membangun koperasi ke arah yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar