Senin, September 14, 2009

tugas komputer dan TI 1A (VGA)

VGA

VGA atau Video Graphics Adapter adalah hardware pemroses desain grafis atau untuk bermain video game. VGA pertama yang dipasarkan oleh IBM pada tahun 1987, istilah VGA mengacu pada resolusi layar berukuran 640x480. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. tampilan windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena di dukung oleh banyak produsen monitor dan kartu VGA.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Adapun manfaat dari katru grafis ini adalah sebagai pendukung grafis pada monitor agar monitor mrndapatkan akselerasi gambar yang lebih baik atau tidak terpotong potong streaming gambar nya. Boasanya yang sangat membutuhkan akselerasi gambar yang baik adalah para gamers.

Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

ATI

ATI (ATI Technologies Inc) adalah perusahaan desainer dan pemasok utama dari unit pemrosesan grafik dan chipset motherboard yang didirikan pada tahun 1985, mereka termasuk dalam industri semi konduktor. namun pada tahun 2006 perusahaan ini di akuisisi oleh Advabced Micro Devices (AMD) dan berubah nama menjadi AMD graphics product group, walaupum begitu nama ATI masih digunakan untuk menamai kartu grafis mereka.

Salah satu produk paling terkenalnya adalah kartu grafis seri Radeon yang selalu bersaing dengan perusahaan kartu grafis lainnya yaitu NVIDIA yang mengeluarkan seri GeForce.

Kartu grafis ATI juga digunakan pada konsol permainan Xbox 360 dan nintendo Wii.

nVidia.

NVIDIA Corporation (NASDAQ: NVDA) adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis, kartu grafis, dan media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi. nVidia juga termasuk kedalam industri semikonduktor.

Produk paling terkenal dari NVIDIA adalah seri GeForce yang digunakan untuk bermain permainan komputer. Markas utama NVIDIA berada di San Tomas Expressway , Santa Clara, California.

Seri terbaru NVIDIA adalah GeForce 8800 yang telah menggunakan directX versi 10. Perusahaan saingan terberat NVIDIA adalah ATI yang mengeluarkan seri Radeon.

nVidia memiliki slogan "the way it's mean to be played"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar